Fasilitator
dituntut untuk dapat memenuhi sejumlah prinsip pembelajaran tertentu, tetapi
untuk mengimplemantsikaan kurikulum dengan baik tampaknya masih ditemukan
berbagai kendala, antara lain motivasi dan kemampuan fasilitator serta
keterbatasan sarana /media pembelajaran. Dengan demikian, seorang fasilitator
di tuntut untuk dapat mengelola pembelajaran dan mengembangkan bentuk-bentuk
strategi pembelajaran yang lenih tepat dan sesuai .
B.
Pengertian
Fasilitas atau
teknik fasilitas dalam pelatihan adalah cara/upaya untuk membantu mempermudah
peserta pelatihan dalam meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilanya.
Fasilitator adalah orang yang bertugas mengelola proses dialog untuk mendukung kegiatan
belajar mengajar agar peserta dapat mencapai tujuan pembelajaranya, mendorong
peserta untuk percaya diri menyampaikan pengalaman dan pikiranya, mengajak
peserta untuk mendengarkan.
C.
Sasaran
Tim fasilitor
yang akan memfasilitasi proses belajar mengajar dalam pelatihan Bina Keluarga
Lansia (Lansia ) dan rentan.
D.
Tujuan Fasilitas
1.
Menyiapkan
peserta untuk mengikuti pembelajaran PMB
2.
Meningkatkan
pengetahuna, sikap dan keterampilan peserta dalam suasana belajar kondusif
3.
Mempermudah
penapaian tujuan pembelajaran.
E.
Peran Fasilitator
Peran yang
harus dilakukan oleh fasilitator antara
lain sebagai komunikator, motivator, moderator, inisiatif, konselor,
supervisor, dan evaluator.
F.
Sikap
Fasilitator
Sikap yang
perlu dimilki oleh fasilitator untuk menciptakan proses belajar yang efektif
adalah empati, wajar, respek, komitmen, mengakui kehadiran orang lain, membuka
diri, tidak menggurui, tidak menjadi ahli, tidak memutus pembicaraan, tidak
mendebat, tidak deskriminatif, ramah, bersahabat, dan komunikatif.
Prinsip Balajar Orang Dewasa
1. Orang dewasa mempunyai konsep diri
2. Orang dewasa kaya akan pengalaman
3. Orang dewasa mempunyai kesiapan belajar
4. Orang dewasa memilki motivasi yang tinggi untuk belajar
5. Orang dewasa telah memiliki banyak peran dan tanggungjawab
6. Orang dewasa kurang percaya pada kemampuan diri untuk belajar
kembali
7. orang dewasa berpandangan untuk segera menerapkan hasil
belajarnya
8. Orang dewasa dapat belajar
9. Orang dewasa mempunyai suasana yang bersifat non formal
10. Belajar merupakan proses
yang terjadi pada orang dewasa.
Gaya Belajar Orang Dewasa
Mengalami, mengungkapkan, menganalisis, menggeneralisasi/ manarik
kesimpulan, dan menerapkan.
Kemampuan Yang Harus Dimilki Oleh Fasilitator
a.
Penguasaan
Materi
Penguasaan
materi yang prima dengan sendirinya dapat menumbuhkan rasa percaya diri
sekaligus membangkitkan kepercayaan diri peserta pelatihan
b.
Keterampilan
mengelola PMB (proses Belajar Mengajar )
Beberapa
kemampuan yang harus dimilki oleh seorang fasilitator dalam mengelola PMB secara
baik antara lain: menyusun rencana pembelajaran, memilih metode pembelajaran,
memeilih mdia pembelajaran, dan memahami dasar-dasar PMB.
TEKNIK FASILITAS DENGAN TEAM TEACHING
Team teaching merupakan strategi pembelajaran dalam proses
pembelajaranya dilakukan oleh lebih dari satu fasilitator dengan pembagian peran
dan tanggung jawab masing- masing.
TAHAP PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI TEAM TEACHING
1.
Tahap
Awal
a.
Perencanaaan
pembelajaran disusun secara bersama
b.
metode
pembelajaran disusun bersama
c.
Partner
team teaching memahami materi dan isi pembelajaran
d.
Pembagian
peran dan tanggungjawab secara jelas.
2.
Tahap
Inti
a.
Satu
fasilitator sebagai pemateri dan satu orang sebagai pengawas dan pembantu tim
b.
dua
orang fasilitator bergantian sebagai pemateri
3.
Tahap
Evaluasi
a.
Evaluasi
fasilitator
b.
Evaluasi
peserta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar