Senin, 06 Maret 2017

BINA KELUARGA LANJUT USIA


A.     Latar Belakang Teknik Fasilitas
Fasilitator dituntut untuk dapat memenuhi sejumlah prinsip pembelajaran tertentu, tetapi untuk mengimplemantsikaan kurikulum dengan baik tampaknya masih ditemukan berbagai kendala, antara lain motivasi dan kemampuan fasilitator serta keterbatasan sarana /media pembelajaran. Dengan demikian, seorang fasilitator di tuntut untuk dapat mengelola pembelajaran dan mengembangkan bentuk-bentuk strategi pembelajaran yang lenih tepat dan sesuai .

B.      Pengertian
Fasilitas atau teknik fasilitas dalam pelatihan adalah cara/upaya untuk membantu mempermudah peserta pelatihan dalam meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilanya. Fasilitator adalah orang yang bertugas mengelola  proses dialog untuk mendukung kegiatan belajar mengajar agar peserta dapat mencapai tujuan pembelajaranya, mendorong peserta untuk percaya diri menyampaikan pengalaman dan pikiranya, mengajak peserta untuk mendengarkan.

C.     Sasaran
Tim fasilitor yang akan memfasilitasi proses belajar mengajar dalam pelatihan Bina Keluarga Lansia (Lansia ) dan rentan.

D.     Tujuan Fasilitas
1.      Menyiapkan peserta untuk mengikuti pembelajaran PMB
2.      Meningkatkan pengetahuna, sikap dan keterampilan peserta dalam suasana belajar kondusif
3.      Mempermudah penapaian tujuan pembelajaran.


E.      Peran Fasilitator
Peran yang harus dilakukan oleh  fasilitator antara lain sebagai komunikator, motivator, moderator, inisiatif, konselor, supervisor, dan evaluator.

F.       Sikap Fasilitator
Sikap yang perlu dimilki oleh fasilitator untuk menciptakan proses belajar yang efektif adalah empati, wajar, respek, komitmen, mengakui kehadiran orang lain, membuka diri, tidak menggurui, tidak menjadi ahli, tidak memutus pembicaraan, tidak mendebat, tidak deskriminatif, ramah, bersahabat, dan komunikatif.
Prinsip Balajar Orang Dewasa
1. Orang dewasa mempunyai konsep diri
2. Orang dewasa kaya akan pengalaman
3. Orang dewasa mempunyai kesiapan belajar
4. Orang dewasa memilki motivasi yang tinggi  untuk belajar
5. Orang dewasa telah memiliki banyak peran dan tanggungjawab
6. Orang dewasa kurang percaya pada kemampuan diri untuk belajar kembali
7. orang dewasa berpandangan untuk segera menerapkan hasil belajarnya
8. Orang dewasa dapat belajar
9. Orang dewasa mempunyai suasana yang bersifat non formal
10. Belajar  merupakan proses yang terjadi pada orang dewasa.

Gaya Belajar Orang Dewasa
Mengalami, mengungkapkan, menganalisis, menggeneralisasi/ manarik kesimpulan, dan menerapkan.

Kemampuan Yang Harus Dimilki Oleh Fasilitator
a.       Penguasaan Materi
Penguasaan materi yang prima dengan sendirinya dapat menumbuhkan rasa percaya diri sekaligus membangkitkan kepercayaan diri peserta pelatihan

b.       Keterampilan mengelola PMB  (proses Belajar Mengajar )
Beberapa kemampuan yang harus dimilki oleh seorang fasilitator dalam mengelola PMB secara baik antara lain: menyusun rencana pembelajaran, memilih metode pembelajaran, memeilih mdia pembelajaran, dan memahami dasar-dasar PMB.
TEKNIK FASILITAS DENGAN TEAM TEACHING
Team teaching merupakan strategi pembelajaran dalam proses pembelajaranya dilakukan oleh lebih dari satu fasilitator dengan pembagian peran dan tanggung jawab masing- masing.

TAHAP PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI TEAM TEACHING
1.      Tahap Awal
a.      Perencanaaan pembelajaran disusun secara bersama
b.      metode pembelajaran disusun bersama
c.       Partner team teaching memahami materi dan isi pembelajaran
d.      Pembagian peran dan tanggungjawab secara jelas.
2.      Tahap Inti
a.       Satu fasilitator sebagai pemateri dan satu orang sebagai pengawas dan pembantu tim
b.      dua orang fasilitator bergantian sebagai pemateri
3.      Tahap Evaluasi
a.       Evaluasi fasilitator
b.      Evaluasi peserta


Tidak ada komentar:

Posting Komentar