Senin, 06 Maret 2017

Membentuk Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK Remaja )

SASARAN DAN RUANG LINGKUP

1.      Sasaran (audience)
Sasaran  yang terkait dengan pembentukan, pengembangan, pengelolaan, pelayanan, dan peminaan PIK Remaja, sebagai berikut:
a.       Pembina
Pembina PIK Remaja adalah sesorang yang mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap maslah-masalah remaja, memberi dukungan dan aktif membina PIK remaja , baik yang berasal dari pemerintah, lembaga swadaya masyarakat (LSM) atau organisasi kepemudaan atau remaja lainya seperti :
1)      Pemerintah: kepala desa/Lurah, Camat, Bupati, wali kota, Pimpinan SKPDKB.
2)     Pimpinan LSM : pimpinan kelompo-kelompok Ormas (seperti : pengurus Masjid, Pendeta, Pastur, pedande, Biksu)  Dan  pimpinan keloompok dan organisai pemuda.
3)      Pimpinan media masa. (Surat Kabar, Majalah, radio dan TV )
4)      Rektor/Dekan, kepala SLTP, SLTA, pimpinan pondok pesantren, komite Sekolah.
5)      Orang tua, melalui program bina keluarga remaja (BKR) majlis Ta’lim, Program PKK.
6)      Pimpinan Kelompok sebaya melalui program Karang Taruna, Pramuka, Remaja masjid/Gereja/Vihara.
b.      Pengelola PIK remaja
Pengelola PIK remaja adalah pemuda/remaja yang punya komitmen dan mengelola langsung PIK Remaja serta telah mengikuti pelatihan dengan mempergunakan modul dan kurikulum standard yang telah disusun oleh BKKBN atau yang sejenis. Pengelola PIK Remaja terdiri dari ketua, Bidang Administrasi, Bidnag Program dan kegiatan, Pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya.

2.      Ruang Lingkup PIK Ramaja
Ruang Lingkup PIK Remaja meliputi aspek-aspek kegiatan pemeberian informasi PKBR, pendewasaan usia perawinan, keterampilan hidup (Life Skills ),pelayanan Konseling, rujukan, pengembangan jaringan dan dukungan, dan kegiatan-kegiatan pendukung lainya sesuai dengan ciri dan minat remaja.
PIK Remaja tidak mengikuti tingkatan wilayah administrasi seperti tingkat desa, tingkat kecamatan, tingkta kabupaten/Kota atau provinsi . Artinya PIK Remaja dapat melayaninremaja lainya yang berada di luar lokasi wilayah administrasinya. PIK Remaja dalam penyebutanya bias dikaitkan dengan tempat dan isntitusi pembinanya seperti PIK Remaja sekolah, PIK Remaja Masjid, PIK Remaja Pesantren dan lain-lain.


1 komentar:

  1. Logo PIK REMAJA VECTOR

    https://www.gurucorel.com/2018/11/logo-pik-remaja-vector-cdr.html

    BalasHapus